A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Latar Belakang

Latar Belakang

Kamis, 31 Juli 2014 07:45:00 admin

    Perempuan adalah aset dan potensi pembangunan, perempuan bukan beban dan bukan hambatan dalam pembangunan, dipihak lain anak sebagai generasi penerus bangsa yang merupakan investasi masa depan bagi orangtua, masyarakat, bangsa dan negara .Dasar hukum pembentukan Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Sejahtera Kabupaten Aceh Barat adalah Peraturan Bupati Aceh Barat No.43 Tahun 2008 tentang Penjabaran Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Sejahtera dan Qanun Kabupaten Aceh Barat Nomor 11 Tahun 2012 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Aceh Barat .
    
Sesuai aspek yuridis formal dalam pelaksanaan pemberdayaan perempuan adalah UU No. 7 Tahun 1984 tentang Pengesahan Konvensi Mengenai Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Terhadap Perempuan, UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Azazi Manusia (HAM), Inpres No. 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional serta RPJM 2004-2009 dimana peraturan undang-undang tersebut pada hakekatnya telah menempatkan perempuan pada keluhuran harkat dan martabatnya, baik sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa maupun sebagai warga negara dan sumber daya pembangunan. Hal ini mencerminkan bahwa sejak kemerdekaan Republik Indonesia hingga kini pemerintah telah memiliki komitmen tentang status, peran, hak, kewajiban, tanggungjawab dan kesempatan yang sama antara perempuan dan laki-laki disegala bidang kehidupan dan kegiatan pembangunan serta komitmen yang juga disepakati oleh Indonesia pada Tahun 2000 adalah dari 8 (delapan) Sasaran Pembangunan MDGs (Millenium Development Goals) yang harus dicapai pada Tahun 2015 dan salah satu tujuannya adalah Peningkatan Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan serta Penduduk Tumbuh Seimbang Tahun 2015. Untuk mencapai tujuan tersebut maka Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Sejahtera Kabupaten Aceh Barat harus melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal.
    
Adapun tujuan peningkatan pemberdayaan perempuan dan keluarga sejahtera dilakukan dengan 2 (dua) strategi yaitu strategi pertama ditujukan bagi perempuan yang sudah berdaya sehingga diarahkan kepada upaya bagi mereka untuk mencapai tahap kemandirian dalam memberdayakan diri sendiri dan orang lain untuk menuju kesetaraan dan keadilan gender.
    
Strategi kedua ditujukan bagi perempuan yang belum berdaya agar dapat menjadi berdaya sehingga mampu untuk berpartisipasi sebagai subjek pembangunan yang terkait dengan peningkatan kualitas generasi penerus bangsa, karena perempuan adalah pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya yang tak terlepas dari kerjasama dan dukungan suami, dimana suami dan isteri adalah mitra sejajar yang mempunyai tugas dan peranan penting dalam mewujudkan tumbuh kembang anak yang berkualitas sejak usia dini.

Dalam rangka mewujudkan anak sebagai generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, bertaqwa dan terlindungi, memberdayakan perempuan, perlindungan terhadap hak anak dan mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera di Kabupaten Aceh Barat, maka tujuan yang akan dicapai tersebut sesuai dengan Visi Kabupaten Aceh Barat yaitu:”Terwujudnya Masyarakat Aceh Barat Makmur, Sehat dan Berwawasan”.